Rabu, 17 Maret 2010

Update 08/03/10 : Segoro Anakan-Sempu Land

CHAPTER I. HISTORY
Pulau Sempu adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa. Pulau ini berada dalam wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur. Saat ini Sempu merupakan kawasan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah. Dalam pulau ini nyaris tidak ditemukan mata air payau.
Secara geografis, Pulau Sempu terletak diantara 112° 40′ 45″ - 112° 42′ 45″ bujur timur dan 8° 27′ 24″ - 8° 24′ 54″ lintang selatan. Pulau ini memiliki luas sekitar 877 hektar, berbatasan dengan Selat Sempu (Sendang Biru) dan dikepung Samudera Hindia di sisi selatan, Timur dan Barat.
Pulau Sempu dapat ditempuh dari Malang melalui Pantai Sendang Biru, dan penyeberangan menggunakan perahu nelayan, serta mendapat perijinan.


CHAPTER II. NEED TO REMEMBER
  • Usahain jangan sering berdebat antar temen diperjalanan
  • Kalo bisa ada minimal 1 orang yang bisa ngomong Jawa karena Malang make bahasa Jawa, bertujuan untuk mengakrabkan diri dengan warga setempat, berguna juga untuk nawar” harga :P
  • Bawa baju & celana ganti lebih
  • Jangan lupa bawa lotion nyamuk, sunblock kalo tiba” pas panas banget & bawa jas ujan takut kalo ujan
  • Kalo terpaksa menginep & ga tau mau nginep dimana, nyari masjid aja tapi bilang dulu sama yang jaganya ya
  • Kalo mau carter angkot usahain nego waktu + harga yang bener, jangan janjian sama banyak tukang angkot buat ngejemput kita

CHAPTER III. ROUTEMalang – Argosari – Gadang – Turen – Sumber Manjing – Sitiarjo – Sendang Biru – Pulau Sempu

CHAPTER IV. FACILITATION
Di Sendang Biru menurut kami :
  • Ada Mushalla & Masjid, selain buat tempat ibadah juga bisa buat tempat nginep :P
  • WC umum seceng + kamar mandi cenggo
  • Ada alternative warung makan, tapi harus jalan dulu dari arah resort ke atas ± 200 meter.
  • Beberapa makanan + minuman yang kami beli di sekitar Sendang Biru :D (maav nyebut merk, hehe..) seperti :
  1. Bakso Malang Rp5.000,-
  2. Es degan Rp3.000,-
  3. Nasi lengko Rp4.000,-
  4. Nasi goreng + telor Rp5.000,-
  5. Kerupuk ato gorengan satunya Rp500,-
  6. Nasi pecel + telor Rp6.000,-
  7. Soda susu Rp5.000,-
  8. Segar sari Rp1.500,-
  9. Aqua 1500ml Rp4.000,-
  10. Pocari Sweat 600ml Rp7.500,-
  • Ada Resort Konservasi Wilayah Pulau Sempu, buat nanya” & bisa juga buat tempat nginep :P. Saat itu kami nginepnya disini :D
  • Dan lain-lain

CHAPTER V. METHOD
  • Kalo mau ke P. Sempu maka kita akan diturunin dari angkot di Sendang Biru baru nanti nyebrang ke P. Sempu
  • Jangan lupa beli karcis dulu pas masuk ke Sendang Biru, harga karcisnya Rp3.500,- per orang
  • Sebenernya terlebih dulu kita harus punya SIMAKSI (Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi) dari Surabaya @_@
  • Nah kalo udah terlanjur ke Sendang Biru tanpa tau kalo disuruh bikin SIMAKSI dulu, gpp tinggal meluncur aja ke Resort Konservasi Wilayah Pulau Sempu yang ada di Sendang Biru dan menemui orang yang jaga di resort tsb. Saat itu kami menemui ‘Mas Diyan’ untuk mendapatkan SIMAKSI dadakan :D, untungnya mas diyan baik hati hanya meminta bayaran se’ikhlas’nya, ga repot kan… Saat itu kami membayar Rp15.000,- aja :D
  • Kerjaan selanjutnya yaitu nyari tukang perahu yang bisa nganter ampe P. Sempu. Saat itu kami memakai jasa ‘Pak Kardi’ untuk dapetin tukang perahu :D
  • Karena kita tidak tahu seperti apa medan menuju Segoro Anakan maka sebaiknya kita menyewa juga seorang guide. Saat itu guide kami adalah si tukang perahu itu sendiri :D
  • Biaya sewa perahu + guide = Rp200.000,- per kapal. Saat itu kami ber-5 jadi tiap anak pete” Rp40.000,-
  • Minta dianter sama tukang perahu sampe ke jalan utama deket sama hutan bakau, kalo salah jalan bisa” nyasar L
  • Perjalanan dari pantai Sendang Biru naek perahu sampai nyebrang ke P. Sempu butuh waktu ±30 menit
  • Dari jalan utama sampai ke Segoro Anakan butuh waktu ±1½jam-4jam tergantung kondisi medan & jumlah temen” kita. Saat itu kami butuh waktu ±2jam
  • Perjalanan menuju Segoro Anakan amatlah berat, rintangannya kayak : tanah licin, batu, lumpur, pohon”, genangan aer, jadi butuh kehati”an & kesabaran :P
  • Tapi semuanya bakal kebayar ko kalo udah nyampe di Segoro Anakan, hehe :D

Sedikit poto"nya, hehe :

2 komentar:

  1. wkwkwkwkwk................

    BalasHapus
  2. iyas_shelon5:52:00 PM

    awkawkawk

    BalasHapus